IQ Tinggi. Pentingkah?

Apa yang diukur oleh tes IQ adalah beberapa tipe potensi dalam diri seseorang. Dan potensi ini masih harus dikembangkan dan diasah oleh orang yang memilikinya. Orang tersebut bisa jadi tidak memiliki keinginan untuk mengasahnya. Tidak semua orang yang memiliki bakat atau potensi yang tinggi menginginkan bakatnya berkembang.

Seseorang mungkin punya bakat akting yang tinggi, sampai-sampai bisa mempermainkan hidup orang-orang disekitarnya dengan aktingnya yang menyakinkan, tapi mungkin dia tidak ingin sama sekali jadi aktor/aktris… punya keinginan main sinetron pun tidak. Kebalikannya, orang yang tidak berbakat akting pun, tapi punya keinginan jadi artis dan kebetulan berpenampilan menarik bisa saja memenangkan penghargaan di bidangnya.

Seorang psikolog dari Harvard menyarankan bahwa sebaiknya kita menyadari kemampuan dan bakat kita secara luas sebagai bentuk valid dari kecerdasan. Dalam bukunya, “Bingkai Pikiran: Teori Kecerdasan Majemuk”, ia mengusulkan adanya (paling tidak) tujuh tipe kecerdasan: verbal-linguistik, logika-matematika, visual-spatial, kinestetik, sosial-atar pribadi, dan intra pribadi.

Seorang psikolog kondang lain menyarankan agar kita mengenali tiga bentuk kecerdasan yang lain: pertama, kemampuan untuk berpikir logis dan rasional, kemampuan ini berguna untuk kehidupan di lingkungan akademik. Kedua, kemampuan untuk kreatif dan menemukan solusi dalam hidup. Ketiga, kemampuan untuk memahami orang lain dan berinteraksi secara efektif dalam masyarakat.

Jadi jelaslah, bahwa IQ yang rendah bukanlah alasan untuk tidak berusaha lebih keras. Dan juga, skor tes IQ tidak membatasi kemampuan seseorang dan kemampuannya meraih keberhasilan. Memahami skor tes IQ itu sendiri dan memahami diri sendiri, dan juga mengembangkan potensi yang ada adalah lebih penting dari merasa minder atau ge-er mengenai skor tes IQ.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: